Thursday, March 13, 2003

Denpasar, 8:15 PM 3/13/03

Kerinduan Pada Monika Abdullah1



Dear Monik,
Usai sholat maghrib, aku mutar kaset albumnya EMHA, Kado Muhammad :Tombo Ati. Perlahan-lahan, lantunan sajak dan lagu Emha berputar dan menembus relung hatiku, perlahan dan pasti. Aku menghayatinya dengan syahdu. Aku ingat, engkau pernah mengutip kalimat emha dari album ini. Katamu dulu,"Rif, inget kata Emha? Tombo ati iku ono limo perkoro. Salah satunya, wetengiro ingkang luwe..." Kalimat ini kembali mengingang di benak dan telingaku.

..tombo ati..iku ono limo perkoro..
kaping pisan moco Qur`an sa'maknane..
Kaping pindho..Sholat wengi lakonono..
Kaping telu wong kang sholeh kumpulono..
kaping papat wetengiro ingkang luwe..
kaping limo dzikir wengi ingkang suwe...


Aku menyimaknya seorang diri di kamar ini. Kamar yang biasanya ramai, penuh asap rokok, dan gurau serta tawa dari kawan-kawanku kali ini, hanya aku dan Kiai kanjeng. Kalimat puji-pujian dan shalawat melantun satu-satu. Aku mengikutinya dengan bersenandung kecil.


Ya nabi salam alaika...
Ya rosul salam..alaika..
Ya habib,..salam alaika..
Shalawat tu waaa alaika...
Ya nabi salam alaikaa..
Ya rosul salam alaikaa..
Ya habib salam alaikaaa...
Sholawat tu waaa alaika...
Ya nabi salam alaika...
Ya rosul salam... alaika...
Ya habib salam alaika....
Shalawatu waa alaika...
Sholatullah salamullah..ala tohaa Rosulillah...
Sholatullah..salamullah..ala yassin,..Habibillah...


Tak terasa, dalam senandung itu, air mataku menetes. Pelan dan pasti. Aku ingat engkau, aku ingat ajal yang pasti kan tiba,
aku ingat bunda yang mengandungku, aku ingat mereka yang pernah hadir dan pergi dalam hidupku. Aku merindukanmu. Aku merindukan mereka semua.

Ya Allah, aku hanya ingin Monik bahagia. Terlalu sering aku mendzaliminya, terlalu sering aku menyakitinya. Tak sanggup aku menipu diriku untuk mengatakan tidak mencintainya. Aku mencintainya dengan seluruh hidupku. Mengenalnya, adalah anugerahMu yang paling indah dalam hidupku, walau itu hanya sesaat. Bisakah Kau hentikan airmataku ini ya Allah? Aku ingin berhenti menangis dan menjalani sisi lain hidupku. Aku ingin membahagiakan mereka semua. Mereka yang hadir dalam hidupku dan itu tak bisa kulakukan dengan tangis. Aku ingin maju dengan tangan terkepal, melibas semua rintangan yang ada. Seperti dulu ketika kau angkat aku dari Terboyo, aku ingin melakukannya lagi. Untuk-MU, untuk Ibu, untuk Monik, untuk semuanya.


sholatullah salamullah..
ala tohaa rosullilah...
Sholatullah...salamullah...
ala yasin.. habibillah...


tawasalna..bi bismillah...
wabil hadzi Rosulliah..
wakullimuja..Hidzillillah..
bi ahlil ba`driya Allah..


Dear Mon,..
aku rindu kamu, dan aku tak tau engkau kini dimana. Banyak kawanku berkata agar aku melupakanmu dan mencari gantinya yang lain. Tapi aku ga pernah sanggup...dan aku pun tak ingin memulainya..walau pelarian-pelarian kecil pernah kubuat..namun setiap kali kaki ini hendak kulangkahkan, kembali aku terlempar jauh kebelakang...engkau tak tergantikan.

Mon,..
tadi sempet si niceguy2 dateng. Dia dah mampu ngatasi masalahnya. Aku ikut seneng, walau setelah ini mungkin dia akan jarang nongol di kost, yang biasanya karena kehadirannya suasana jadi meriah. Dia datang tiba-tiba, dan melihat mataku sembab. Sebelum dia bertanya banyak, kukatakan padanya bahwa aku abis nangis. "Aku inget monik, "kataku padanya.
"Aku kangen..."

Dia mengerti betul suasana hatiku, menemaniku sebentar lalu meninggalkanku. Ngga kuat dengar lantunan puisi dan shalawat Emha, katanya. Kutahu ia hanya berseloroh, dan membiarkanku menikmati waktuku. Mengenangmu, mengingatmu.

Terbayang dibenakku, senandungmu dulu, tawa dan manjamu. Letupan emosimu, nasehatmu, keluhanmu. Ah..aku menangis lagi...engkau tak boleh menderita lagi sayangku...tidak. Engkau harus bahagia, dimanapun engkau kini. Dan yakinlah, aku takkan kemana-mana. Aku akan selalu ada menantimu, walau mungkin bulan depan kost ku akan pindah. Aku pengen cari suasana baru. Bosan dengan semua yang ada disini. Soal biaya, biarlah nanti aku usahakan. Dimana ada kemauan disitu ada jalan, dan Alhamdulillah, aku selalu mampu mengatasi kebuntuan-kebuntuanku. Aku tau, doamu selalu hadir dalam hidupku.



1 Yang Mau tau ttg monik klick disini.
2 Untuk tau ttg Mr. Niceguy, silakan lihat artikel Lelaki Muda Itu dan Masalahnya. klick disini.


No comments: