Sunday, May 18, 2003

Ketika Panggilan dari Gunung Tak Bisa Ditolak,,



..panggilan dari gunung,
turun ke lembah..lembah....
.......
kau bawa persoalan...
cerita duka melulu...


Wel,..
cetak miring diatas, kutipan ngawur dari lirik lagu Panggilan dari Gunung puny`e Iwan Fals. Dan kamis minggu lalu ini, gw menerima panggilan itu. Yeap, sejak kamis, jumat sampai sabtu malam kemaren, gw menghabiskan sepanjang waktu dalam perjalanan penuh sensasi ke Gunung Agung, Besakih.

Awalnya, ga ada niat sedikitpun buat mendaki. Kamis pagi itu, gw baru aja bangun dan menikmati segelas kopi didepan kompie ketika dua begundal tua datang, sijenggot dan didin. Ketika mereka datang, ritual paling gue benci adalah memberi kehormatan buat mereka, menghidangkan kopi. Gimana ngga nyebelin, rata-rata sehari gw bisa nerima 4-5 orang temen yang datang, dan mereka datang selang-seling, dan minta kopi. Brengsek ga tu. Gitu dee temen2 gw. Payah, pada gha mau bawa kopi sendiri. Tapi enaknya, ketika gue dateng ke mereka, ga ada alasan bagi mereka menolak membuatkan kopi buat gue.. hehhehe. Setelah ngobrol singkat sana-sini, kami memutus kan lanjut ngopinya di tempat bambang.

Di tempat bambang inilah, --yang malam sebelumnya merasakan kekecewaan yang sama ama gw-- , datang temen lain lagi si hasandari asrama, yang ngajak mendaki. Ceritanya, doi jadi leader, dan ngajak kami gabung bersama. Tanpa Ba bi bu, ajakan itu tak sanggup kami tolak. Aku dan Bambang segera menyanggupi akan berangkat. Didin dan Jenggot yang emang ga hobby, dengan terpaksa diusir dari tempat bambang. Hehehhee. Kami harus segera siap berangkat, karena si Hasan dkk akan berangkat setengah jam kedepan.

Dengan segera kami berkemas, nyari perlengkapan mulai dr kompor, batubara, nasting, sepatu, lalu perbekalan seadanya, dan dua jam kemudian kami sedah ada di kaki gunung agung, lewat jalur pura Besakih. Hmmm.,. dingin banget....

Ketika di pelataran pura Besakih itu, baru aku tau, bahwa tiga diantara peserta itu adalah cewe karena kami sempat ditinggal rombongan si Hasan, gara-gara gw musti nge sol-in sepatu dolo, dan sebagian besar peserta lainnya adalah newbie!!

Banyak cerita, banyak pengalaman, yang akan kuceritakan...tapi tidak sekarang.... mo balikin helm dolo ah...



No comments: